`Batik` Sebagai Warisan Budaya Bangsa Indonesia

(16 Sept. 2011) Batik banyak mencerminkan aspiasi budaya masyarakat dimana batik dibuat. Nilai-nilai, filosofi, budaya tertentu atau obyek suatu daerah sering tergambar pada pada motif kain batik.

Ketika bicara batik sebagai warisan budaya Indoesia, maka batik telah menjadi sebuah produk budaya yang bisa menjadi media untuk melihat kekayaan budayaIndonesia lainnya..

Kali ini batikpohon menjadikan batik, tentu saja batik warna alam (natural dyes batik), sebagai media untuk mendokumentasikan empat warisan budaya Indonesia non benda yang mendapat pengakuan dunia internasional. Melalui batik dengan motif yang diberi nama Catur Budaya ini (seorang budayawan – Ki Dawud Budiyatno dari Semarang, memberinya nama karya batikpohon ini Kahuripan), diharapkan jadi pengingat dan pembuka pemahaman tentang tingginya nilai empat warisan budaya Indonesia, yaitu Batik, Angklung, Keris dan Wayang.

Dibingakai dengan komposisi antara motif ceplok dan pisanbali, batik Catur Badaya atau Kahuripan ini diwarna dengan dua pilihan bahan pewarna alami. Satu diwarnai menggunakan rebusan kulit kayu mahoni sehingga menghasilkan warna coklat kemerahan. Sedangkan yang lain menggunakan rebusan kulit buah Jalawe yang memunculkan nuansa warna krem kehijauan

Batik pohon mengajak semuanya agar menjadikan batik dengan pewarna alami sebagai alternatif pilihan. Karena ada sebuah keyakinan dengan memilikinya dan mengapresiasi varian batik ini, maka setidaknya akan memberi kesempatan pengembangannya. Pada gilirannya nanti, sedikit demi sedikit akan mempertinggi originalitas warisan budaya ini karena batik warna alam memiliki muatan lokal yang lebih banyak. Proses pembuatannya pun lebih ramah lingkungan, karena kadar pencemaran air dan tanah yang ditimbulkan relatif rendah.

Batikpohon menawarkan pilihan, lebih dari sekadar motif dan warna, tapi juga pilihan cara mencintai batik sebagai warisan tradisi dan cara ikut mencintai bumi Indonesia. (Sumber batikpohon.com)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s